Dari Kota Lahat Kerajaan Sriwijaya Dimulai

Diposkan oleh Yostiari Senin, 21 Juni 2010


Situs sejarah dari jaman batu di kota Lahat ini berlahan mulai terkuak Menurut Ketua Forum Komunikasi Pengalian Identitas Basemah Janhar (52) sekaligus warga Desa Pagar Dewa Kecamatan Jarai mengatakan, setidaknya ada beberapa babat (fase) dari syailendra, diantaranya, Sribuana, Srijaya, Syailendra, dan Sriwijaya.
“Munculnya rumah batu yang ditemukan belum lama ini, dan beberapa situs lainnya, Erat kaitanya mengarah kepada Cikal bakal dari berdirinya kerajaan sriwijaya,” katanya. Selain itu, ada pula situs kayu begulung bulan atau lebih dikenal dengan sebutan gulung sakti, yang merupakan peninggalan Sejarah, yang sangat erat kaitannya dengan munculnya kerajaan yang dimaksud.
“Sejauh ini, situs - situs yang ada di Kecamatan Jarai dan Pajar Bulan Beserta kecamatan lainnya, kini sudah diamankan dan dijaga oleh warga dan balai arkeologi BP3 Jambi, sehingga keasliannya benar-benar terawat,” urai Janhar. Janhar menambahkan, kepada pihak pemerintah daerah (pemda) Kabupaten Lahat melalui dinas terkait untuk benar-benar memperhatikan dan tanggap dengan hal-hal tersebut, sehingga peninggalan bersejarah masa lampau tersebut dapat terpelihara dan terawat dengan baik.
“Kita jangan tergantung dari Balai BP3 Jambi, saja, akan tetapi instansi terkait sebaiknya jemput bola dan tanggap dengan situs yang ada, tidak tutup kemungkinan akan suatu saat akan menjadi objek wisata,” ucapnya.
Nah, untuk itu dibutuhkan saling kerjasama dan koordinasi satu dengan lainnya, agar situs yang ada tidak terguras dimakan jaman dan waktu, memang sangat diperlukan yang namanya perawatan.
“Sehingga benda bersejarah tersebut akan terjaga dan keasriannya dapat terjaga hingga ribuan tahun kedepan, sebagai bukti bahwa ada saling kaitannya dengan budaya pada jaman kerajaan masa lampau,” tukas Janhar.

1 Responses to Dari Kota Lahat Kerajaan Sriwijaya Dimulai

  1. ni2q Says:
  2. iya po...^_*

     
bookmark
bookmark
bookmark
bookmark
bookmark