Rai gedex

200 Kk Bakal Tergusur dari Kota Lahat

Diposting oleh Yostiari Rabu, 26 Mei 2010


LAYOUT: Kepala Bappeda Lahat Marwan Mansyur SH MM memperlihatkan Layout rencana pembangunan pusat perdagangan di kawasan eks Benglap, foto diambil Rabu (26/5/10).



Untuk beberapa Tahun kedepan Wajah kota Lahat akan Berubah. Rencana Proyek pembangunan Pusat Perdagangan Di pusat Kota Lahat nampaknya akan berjalan tanpa aral. Penggusuran Tanah Seluas 6 Ha, dari Jl. Emil salim (Benglap) Hingga ke Setasiun Kereta Api Lahat Tak mendapat Perlawanan berarti dari +/- 200 KK. Mereka menyadari bahwa bangunan tempat tinggal mereka berdiri di atas tanah TNI (Madenpal).
Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Lahat Marwan Mansyur SH MM mengatakan, kawasan markas detasemen peralatan (Madenpal) A yang sering disebut Benglap tersebut dalam waktu dekat bakal direlokasi ke tempat lain, dan nantinya akan dijadikan sebagai pusat perdagangan dalam menata ruang Kota Lahat.
“Tujuannya tidak lain, untuk kota agar tidak kumuh dan semrawut seperti yang terlihat selama ini, rencana Madenpal A yang akan dipindahkan ke kawasan lain, maka pihak pemerintah daerah (Pemda) akan mengundang investor untuk melakukan pembangunan di atas lahan seluas 6 hektar,” katanya ditemui di ruang kerjanya, Rabu (26/5).
Nah, perencanaan kedepan investor tersebut rencananya akan membangun pusat pertokoan, kios dalam menampung pedagang kaki lima (PKL), areal parkir, dan taman penghijauan.
“Diharapkan kawasan tersebut menjadi lokasi terpadu dan mandiri. Akan tetapi, mengingat lahan tersebut milik PT KAI, maka diperlukan koordinasi antara PT KAI, Kodam dan Kodim, sehingga akan ada keselarasan kata dalam membangun Kota Lahat lebih baik lagi,” urai Marwan.
Khususnya, PKL di kawasan tersebut sepenuhnya akan ditampung di kios yang memang dipersiapkan bagi mereka, sehingga tidak ada lagi yang berjualan di pinggir jalan dan tentunya menjadi semrawut.
“Ini akan efektif dan memiliki potensi dalam pengembangan kota, dimana di atas lahan 6 hektar tersebut, akan banyak pedagang, baik dari ekonomi kecil dapat memanfaatkan kondisi tersebut, selain warga ekonomi menengah ke atas,” jelasnya.
Ia menambahkan, pihak pengembang dalam hal ini PT Karisma Cipta Karsa (KCK) akan difasilitasi oleh pihak Pemerintah daerah (Pemda) Lahat guna menindaklanjuti penataan kawasan tersebut.
“Pada prinsipnya Pemda Lahat merespon dan mendukung atas gagasan pihak investor untuk ikut partisipasi di dalamnya, dan ini tergantung cepat atau lamban koordinasi antara pihak PT KAI, Kodam, Kodim, dan Investor, guna membangun kawasan Benglap menjadi kawasan pusat perdagangan,” tambah Marwan.
Diutarakannya, paling pokok yang menjadi pertimbangan selama ini, adalah merangkul kepentingan masyarakat kecil, tidak hanya secara ekonomi tinggi yang selalu mendapatkan perhatian lebih. “Nah, tentunya masyarakat dari ekonomi kecil akan merasa terangkat untuk melakukan perniagaan dalam memasarkan produknya,” pungkasnya. (Yost)

1 Responses to 200 Kk Bakal Tergusur dari Kota Lahat

  1. taftietagg Says:
  2. Golden Axe (Titanium's teeth) - Titanium Arts
    Golden titanium mens ring Axe aftershokz titanium (Titanium's trekz titanium pairing teeth) - tube supplier Titsanium's teeth. - We provide babyliss pro nano titanium hair dryer a delicious quality toothpaste and the best product possible for you to use. This product is the

     
bookmark
bookmark
bookmark
bookmark
bookmark